kutipan

"percayalah bahwa suatu keinginan akan terwujud karena adanya motivasi & obsesi"

Selamat Datang

Selamat datang di blog saya :))

Kamis, 06 Januari 2011

Ilmu Ladunni

Ilmu dibagi menjadi dua, yaitu:
1. Ilmu Syariah
2. Ilmu Laduni (ilmu hakiki)
Ilmu syariah adalah ilmu yang telah dipelajari oleh banyak orang, yaitu berbicara tentang hukum-hukum agama. Selain ilmu syariah, ada yang disebut “ilmu hakiki” atau “ilmu laduni”
Ada riwayat dari salaf yang membenarkan keberadaan ilmu tersebut. Mereka berkata, “Barang siapa melihat mahluk Allah dengan kaca mata syariat maka ia akan mengkritiknya, tetapi barang siapa melihat mahluk Allah dengan kaca mata hakikat maka ia akan memaafkannya”
Maksudnya, jika melihat manusia sesuai dengan “ilmu syariah”, kita akan meihat ada yang muslim, kafir, Yahudi, orang saleh, orang jahat, dan seterusnya. Tapi kalau melihat dengan “ilmu hakikat”, maka semua orang akan dimaafkan. Mereka telah ditentukan oleh takdir. Mereka memang tidak melakukan “syariat” (hukum Allah, tapi mereka melakukan “iradah” (kehendak) Allah.
Bahkan, jika iblis dilihat dengan “ilmu hakikat”, maka bisa dimaklumi. Dalil yang sering digunakan untuk melegitimasi ilmu ini adalah kisah Nabi Khidzir as. Padahal, sebenarnya apa yang dilakukan oleh Nabi Khidzir, pada dasarnya, karena beliau melihat hikmah, yaitu melakukan perbuatan yang paling ringan resikonya, atau disebut “akhaffu dhororain”. Hikmah itu sangat jelas dapat dilihat dalam kisah Al Quran.
Oleh karena itu, sekarang seandainya ada kejadian seperti Nabi Musa as dan Nabi Khidzir as, maka sebaiknya kita mengikuti siapa? Apakah mengikuti Nabi Musa as atau mengikuti Nabi Khidzir as?
Jawabannya, kita harus mengikuti Nabi Musa as, dan tidak mungkin pada masa sekarang, ada yang mengklaim sebagai Nabi Khidzir as. Sebab beliau melakukan semua itu berdasarkan perintah dari Tuhannya, seperti disebutkan, “Sesungguhnya, aku tidak melakukan hal itu berdasarkan perintahku sendiri” (QS. Al-Kahfi 82).
Siip? LIKE :)

Tidak ada komentar:

Copy Right @ Semua yang di tulis di atas adalah hak milik Ali Supratman :)