kutipan

"percayalah bahwa suatu keinginan akan terwujud karena adanya motivasi & obsesi"

Selamat Datang

Selamat datang di blog saya :))

Jumat, 10 Desember 2010

RPP Micro Teaching

­­­RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah     : SMA ……… (harus di isi nama sekolahnya)
Mata Pelajaran    : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester   : XI / 2
Pertemuan            : 1 kali pertemuan
Alokasi Waktu      : 1 x 15  menit


Standar Kompetensi
7.       Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar permainan olahraga dengan teknik dan taktik serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
7.1    Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.

Indikator
·         Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah dan passing atas (berpasangan) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.

A. Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah dan passing atas (berpasangan) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.

B.  Materi Pembelajaran
     Permainan Bolavoli
·         Variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah dan passing atas (berpasangan) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.

C. Metode Pembelajaran
  1. Demontrasi
  2. Inclusive (cakupan)
  3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
  4. Permainan (game)
  5. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)


D. Langkah-langkah Pembelajaran
     Pertemuan ke 1
            1.  Kegiatan Pendahuluan (3 menit)
·         Salam, berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
·         Pemanasan secara umum atau dalam bentuk permainan
·         Berlari mengelilingi lapangan bolavoli



2. Kegiatan Inti (10 menit)
·         Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah dan passing atas (berpasangan) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik yang dilakukan oleh murid.
·         Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah dan pasing atas (berpasangan) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik yang dilakukan oleh murid.

             3. Kegiatan Penutup (2 menit)
·         Berbaris
·         Pendinginan (colling down)
·         Evaluasi, tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
·         Berdoa

E. Alat dan Sumber Belajar
              1. Alat Pembelajaran :
·         Bola voli atau sejenisnya
·         Lapangan permainan Bola voli atau lapangan sejenisnya
·         stopwacth
·         Peluit

              2. Sumber Pembelajaran
·         Media cetak
o   Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas XI, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o   Buku permainan bolavoli

F. Penilaian
             1. Teknik dan Bentuk Penilaian
                         a. Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar passing bawah dan passing atas, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).

·         Contoh penilaian proses teknik dasar permainan bolavoli (Penilaian keterampilan kecabangan)

No
Nama siswa
Pasing bawah
Jml
Nilai Proses
Nilai Produk
Nilai
Akhir
1
2
3
4

1










2










3










4










5










Dst










JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) :





                                                              Jumlah skor yang diperoleh
                             Penilaian Proses = ----------------------------------------- X 100%
                                                                  Jumlah skor maksimal


·         Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (passing bawah dan passing atas) bola dilambungkan sendiri oleh tester/siswa selama 30 detik.

Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… > 35 kali
…… > 30 kali
100%
Sangat Baik
27 – 34 kali
22 - 29 kali
90%
Baik
19 – 26 kali
14 - 21 kali
80%
Cukup
11 – 18 kali
7 – 11 kali
70%
Kurang
….< 8 kali
….< 7 kali
60%
Kurang Sekali






Mengetahui,
Kepala Sekolah



Drs. Supriyono, M.Pd
Palembang,          Desember  2010
Guru Mata Pelajaran

(harus di tanda tangani)

Ali Supratman






Mengetahui,

Dosen Penguji  I



Drs. Raden den
Dosen Penguji  II



Yasrif Hidayat, S.Pd



Siip? LIKE :)

Copy Right @ Semua yang di tulis di atas adalah hak milik Ali Supratman :)