RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMA ……… (harus di isi nama sekolahnya)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XI / 2
Pertemuan : 1 kali pertemuan
Alokasi Waktu : 1 x 15 menit
Standar Kompetensi
7. Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar permainan olahraga dengan teknik dan taktik serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
7.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.
Indikator
· Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah dan passing atas (berpasangan) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
A. Tujuan Pembelajaran
· Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah dan passing atas (berpasangan) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
B. Materi Pembelajaran
Permainan Bolavoli
· Variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah dan passing atas (berpasangan) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
C. Metode Pembelajaran
- Demontrasi
- Inclusive (cakupan)
- Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
- Permainan (game)
- Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1. Kegiatan Pendahuluan (3 menit)
· Salam, berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
· Pemanasan secara umum atau dalam bentuk permainan
· Berlari mengelilingi lapangan bolavoli
2. Kegiatan Inti (10 menit)
· Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah dan passing atas (berpasangan) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik yang dilakukan oleh murid.
· Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah dan pasing atas (berpasangan) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik yang dilakukan oleh murid.
3. Kegiatan Penutup (2 menit)
· Berbaris
· Pendinginan (colling down)
· Evaluasi, tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
· Berdoa
E. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat Pembelajaran :
· Bola voli atau sejenisnya
· Lapangan permainan Bola voli atau lapangan sejenisnya
· stopwacth
· Peluit
2. Sumber Pembelajaran
· Media cetak
o Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas XI, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o Buku permainan bolavoli
F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian
a. Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar passing bawah dan passing atas, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).
· Contoh penilaian proses teknik dasar permainan bolavoli (Penilaian keterampilan kecabangan)
No | Nama siswa | Pasing bawah | Jml | Nilai Proses | Nilai Produk | Nilai Akhir | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | |||||||
1 | ||||||||||
2 | ||||||||||
3 | ||||||||||
4 | ||||||||||
5 | ||||||||||
Dst | ||||||||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : |
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
· Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (passing bawah dan passing atas) bola dilambungkan sendiri oleh tester/siswa selama 30 detik.
Perolehan Nilai | Kriteria Pengskoran | Klasifikasi Nilai | |
Putera | Puteri | ||
…… > 35 kali | …… > 30 kali | 100% | Sangat Baik |
27 – 34 kali | 22 - 29 kali | 90% | Baik |
19 – 26 kali | 14 - 21 kali | 80% | Cukup |
11 – 18 kali | 7 – 11 kali | 70% | Kurang |
….< 8 kali | ….< 7 kali | 60% | Kurang Sekali |
Mengetahui, Kepala Sekolah Drs. Supriyono, M.Pd | Palembang, Desember 2010 Guru Mata Pelajaran (harus di tanda tangani) Ali Supratman |
Mengetahui,
Dosen Penguji I Drs. Raden den | Dosen Penguji II Yasrif Hidayat, S.Pd |