kutipan

"percayalah bahwa suatu keinginan akan terwujud karena adanya motivasi & obsesi"

Selamat Datang

Selamat datang di blog saya :))

Sabtu, 08 Januari 2011

Komponen Sistem Komputer

Perangkat keras sebuah Personal Computer terdiri dari alat input (keyboard, mouse dan lain-lain), CPU dan alat output (monitor, printer dan lain-lain). Komponen yang paling menentukan sistem adalah komponen yang mendukung kerja motherboard, yaitu:
·        Prosesor
·        Chipset
·        Memory utama
·        Slot ekspansi
·        Sistem Input/ Output
·        VGA adapter
·        Audio Codec
·        Network connector
·        Power supply
Kegunaan Item- item Hardware
Prosesor
Prosesor adalah komponen yang menjadi pengolah utama dalam sistem komputer. Kemampuan prosesor menjadi dasar tipe komputer yang dipakai, contoh Prosesor 486, Prosesor Pentium I, Pentium II, Pentium III dan sebagainya.
Chipset
Chipset adalah komponen yang mengatur jalur komunikasi data dalam sistem PC.
Memori Utama
Memori utama adalah komponen yang digunakan untuk menampung informasi atau data sementara yang diberikan ke dalam sistem. Kapasitas memori ini mempengaruhi kecepatan akses data dalam sistem. Dianjurkan memakai memori yang cukup besar untuk keperluan industri.
Slot ekspansi
Slot ekspansi adalah terminal interrupt yang dapat digunakan untuk memasang kartu tambahan pada PC. Slot ini sekarang tersedia untuk kartu PCI dan kartu CNR. Selain slot ekspansi ini pada papan induk (motherboard) sudah disediakan unit USB.
Sistem input dan output
Sistem pengaturan input dan output disini merupakan bagian yang mengatur bekerjanya perangkat masukan dan keluaran yang terpasang pada sistem PC.

VGA Adapter
Adapter video merupakan rangkaian yang bekerja menyesuaikan sinyal dari CPU dengan sinyal pada monitor agar dapat tampil di layar. Adapter berupa kartu dengan desain PCI ataupun AGP.
Audio Codec
Perangkat yang memungkinkan sistem dapat menghasilkan suara dengan melakukan coding / decoding sinyal audio yang dideteksinya melalui program penggeraknya.
Network connector
Untuk keperluan sistem jaringan PC dilengkapi dengan terminal penghubung yang dapat menghubungkan satu PC dengan PC yang lain.
Power supply
Power supply merupakan bagian sistem yang bekerja menghasilkan daya listrik (dinyatakan dengan besaran watt) yang dibutuhkan oleh rangkaian PC. Power supply dibuat dengan tegangan kerja yang sangat stabil, dengan sistem saklar elektronika (switching power supply).
Komponen peripheral
Peralatan peripheral merupakan perangkat yang dibutuhkan agar sistem komputer dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Perangkat ini dapat berada sebagai peralatan masukan (input), perangkat keluaran (output) dan perangkat penyimpanan luar (external storage).
Siip? LIKE :)

Tidak ada komentar:

Copy Right @ Semua yang di tulis di atas adalah hak milik Ali Supratman :)